Stok Dan Harga Bawang Serta Cabai Aman

 Informasi, Terkini

KBO Reskrim Iptu Heri Purwanto (kiri) saat mengecek stok dan harga bawang di Pasar Ngemplak

Stok Dan Harga Bawang Serta Cabai Aman

Inggandaya – Jelang hari raya idul fitri yang akan jatuh pada 13 hari kedepan stok beberapa komoditi seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai di Kota Marmer cenderung aman. Hal ini diketahui dari hasil inspeksi mendadak (sidak) tim gabungan dari Polres Tulungagung dan Dinas Pertanian pada Sabtu (2/6/2018) sore di Pasar Ngemplak Tulungagung.

Dari beberapa lapak dan pedagang setempat, stok bawang merah, bawang putih, dan cabai masih aman. Artinya tidak terlalu melimpah ataupun langka dipasaran. Sedangkan harganya pun masih relatif stabil.

Untuk bawang merah, setiap kilogramnya dikisaran Rp 24 ribu hingga Rp 25 ribu. Bawang putih Rp 16 ribu, cabai rawit dikisaran Rp 19 ribu hingga Rp 22 ribu tergantung kondisi cabai, cabai merah Rp 16 ribu hingga Rp 17 ribu, dan cabai keriting Rp 15 ribu hingga Rp 16 ribu.

Indah (48) salah satu pedagang bawang di Pasar Ngemplak mengatakan, stok bawang merah dan bawang putih masih aman sejak memasuki awal ramadan silam. Namun untuk harga bawang putih sempat mengalami pergeseran yakni dari Rp 12.500/kilogram saat ini menjadi Rp 16.000/kilogramnya.

“Kenaikan harga tersebut masih wajar, yang penting stoknya masih ada,” terangnya.

Selain itu lanjut Indah, dalam sehari terkadang sampai beberapa kali perubahan harga bawang putih sekitar Rp 1000/kilogramnya. Penentuan harga tersebut bergantung kepada agen nya. Dan harga tersebut juga pasti sama di seluruh pedagang di Pasar Ngemplak.

“Kalau bawang putih yang menentukan harga dari agen, karena kita mengambil barangnya dari agen. Beda dengan bawang merah karena kita membelinya langsung dari petani,” jelasnya.

Indah menambahkan, di tahun-tahun sebelumnya kenaikan harga bawang merah dan bawang putih biasanya terjadi ketika mendekati hari raya. Karena, saat itu pembeli membeli hingga dua sampai tiga kali lipat dari hari biasa. Selain itu, di hari raya banyak pedagang di pasar yang libur karena merayakan idul fitri.

“Kalau hari-hari gini dalam sehari saya masih bisa menjual bawang merah hingga 1 ton. Sedangkan bawang putih sekitar 50 sak,” tukasnya.

Kapolres Tulungagung AKBP Tofik Sukendar melalui Kaur Bins Ops (KBO) Satreskrim Iptu Heri Purwanto mengatakan, sidak bertujuan untuk memantau stok dan harga sembako dan sayuran menjelang lebaran. Namun untuk kali ini di fokuskan pemantauan sayuran yakni bawang merah, bawang putih, dan cabai.

“Karena yang kita pantau sayuran, maka kami melibatkan Dinas Pertanian,” katanya.

Dari hasil pemantauan di lapangan lanjut Heri, stok dan harga bawang merah, bawang putih dan cabai masih aman. Meski ada kenaikan harga namun masih dikisaran wajar. Menurutnya yang terpenting stoknya aman dan bisa mengcover permintaan.

“Dalam waktu dekat kami akan melakukan sidak lagi,” pungkasnya. (Dju)

 

Author: 

Related Posts

Leave a Reply