Guru, Jasamu Tiada Tara

 Informasi, Pendidikan, Terkini

Murid, wali murid, dan guru TK Al Badar mengabadikan momentum seusai acara purnawiyata KB/TK Al Badar 2017-2018 di SDI Al Badar

Guru, Jasamu Tiada Tara
Ingandaya,
Kita jadi bisa menulis dan membaca karena siapa
Kita jadi tahu beraneka bidang ilmu dari siapa
Kita jadi pintar dibimbing pak guru
Kita bisa pandai dibimbing bu guru
Gurulah pelita penerang dalam gulita
Jasamu tiada tara
Bagi kita yang kini menginjak usia 30 tahun ke atas pasti tidak asing dengan lirik lagu di atas. Pasalnya, di era tahun 1990 an lagu tersebut sempat hits dan menghiasai layar kaca stasiun televisi milik pemerintah TVRI.
Kala itu, anak-anak, remaja bahkan orang tua dapat menghafalnya diluar kepala. Lagu tersebut bisa dibilang sangat menyentuh hati para pendengarnya. Terlebih dalam cuplikan video berdurasi sekitar 3 menit tersebut memperlihatkan perjuangan sosok guru yang ikhlas dan tanpa kenal lelah untuk mendidik murid-muridnya.
Nah bagaimanakah potret pendidik atau guru Jaman Now?
menurut penulis, untuk membedahnya bisa menggunakan berbagai perspektif. Secara harafiah, makna guru atau pendidik masih sama halnya dengan era-era sebelumnya yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.
Dari dulu hingga kini, seorang guru atau pendidik dianggap sebagai sosok panutan atau orang serba bisa. Artinya, guru harus bisa segalanya tanpa memperhatikan spesialisasinya. Seorang guru harus siap mengemban tanggung jawab atau tugas untuk mengajar di luar fak nya.
Sering kali guru belajar dengan keras sehari sebelum memberikan materi kepada muridnya. Hal ini tentunya agar materi yang diberikan kepada murid-muridnya bisa maksimal.
Meski kesejahteraan guru saat ini masih jauh dari harapan. Tentunya yang dimaksud adalah guru non-Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta non-sertifikasi.
Penulis yakin, bagi seorang guru yang mengemban amanat dengan tulus dan ikhlas kelak akan mendapatkan balasan dari Tuhan TME. Minimal, hati kecil seorang guru akan tersenyum tatkala melihat kesuksesan anak didiknya.
Terima kasih bapak/ibu guru, semoga engkau diberi kesehatan dan umur yang panjang. Setiap waku doa kami selalu menyertaimu. (dju).

Author: 

Related Posts

Leave a Reply