Ajak Buber Abang Becak

 Informasi, Tajuk, Terkini

Forpimda, PJU Polres, dan ratusan abang becak saat berbuka puasa di halaman Mapolres

Ajak Buber Abang Becak

* Kapolres : Jangan berkecil hati, tetaplah berdoa dan bekerja

Ingandaya-Senyum dan sumringah terpancar diraut wajah ratusan abang becak dari Kota Marmer. Disaat mereka berjuang dengan profesi yang mulai tergerus dengan transportasi modern, ternyata masih ada yang prihatin kepadanya.

Sebagai pucuk pimpinan tertinggi korps Baju Cokelat di Kota Marmer, Kapolres mengajak abang becak untuk berbuka puasa bersama di halaman Mapolres pada Senin (28/5). Tujuannya, untuk mempererat silaturahmi dan memberikan dukungan moral agar abang becak terus bekerja dan berdoa.  

“Jangan berkecil hati, tetaplah berdoa dan bekerja. Serahkan segala urusan kepada Tuhan,” kata Kapolres Tulungagung AKBP Tofik Sukendar saat memberikan motivasi kepada abang becak.

Tofik sapaan akrab AKBP Tofik Sukendar mengakui bahwa transportasi becak saat ini sudah mulai tergerus dengan transportasi modern. Tentunya hal ini berdampak pada penghasilan mereka. Padahal, biaya kebutuhan hidup terus meningkat.

“Tantangan mereka kedepannya semakin banyak,” katanya.

Untuk menutup kebutuhan hidup lanjut Tofik, banyak abang becak yang rela bekerja dua puluh empat jam hanya untuk menunggu penumpang. Terkadang ada juga abang becak yang memiliki profesi ganda seperti berternak, menjadi kuli, dan buruh serabutan. Yang mana upaya tersebut sebagai wujud tanggung jawab kepada keluarganya.

“Untuk itulah, kami ingin merangkul dan berbagi dengan mereka,” ucap Tofik.

Tofik melanjutkan, namun demikian pihaknya mengacungkan dua jempol kepada abang becak di Tulungagung. Karena dari data yang dimiliki, tindakan kriminal atau tindakan melawan hukum yang dilakukan oleh abang becak sangatlah minim. Hal ini menunjukkan bahwa faktor ekonomi bukanlah salah satu alasan yang menyebabkan seseorang untuk melanggar hukum.

“Kami harap abang becak bersedia membantu kami untuk menciptakan kemanan dan ketertiban di masyarakat,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Tofik mengingatkan bahwa pada 27 Juni mendatang di Tulungagung akan melaksanakan pemilihan bupati (pilbup) dan pemilihan gubernur (pilgub). Dirinya berharap agar abang becak menggunakan hak pilihnya. Karena, bagaimanapun juga mereka adalah bagian dari masyarakat Tulungagung yang memiliki hak memilih.

“Apapun alasannya jangan golput, gunakanlah hak pilih bapak. Suara bapak sangat berpengaruh bagi Tulungagung lima tahun mendatang,” pinta Tofik dan diiyakan oleh seluruh abang becak.

Sementara itu Bero (56) warga Desa/Kecamatan Kedungwaru salah satu abang becak yang ikut kegiatan tersebut mengaku sangat senang karena diundang buka bersama. Karena ternyata masih ada yang memperhatikan profesi abang becak.

“Saya biasanya mangkal di stasiun, kemarin diberitahu oleh teman,” katanya.

Bero melanjutkan, meski telah bekerja sebagai tukang becak lebih dari 20 tahun dirinya sama sekali tidak berkecil hati. Menurutnya semua pekerjaan adalah sama. Yang penting bagaimana mereka bisa bertanggung jawab atas pekerjaannya.

“Istri saya bekerja sebagai pengasuh anak, alhamdulilah dua anak kami telah menikah dan satu anak masih sekolah,” terangnya.

Bero menambahkan, setiap kali mengayuh becaknya, dirinya terus berdoa agar kelak kehidupan ketiga anaknya bisa lebih baik dari dirinya.

“Itu cita-cita saya mas,” pungkasnya.

Buka bersama tersebut juga di hadiri oleh Sekretaris Daerah Indra Fauzy, dari Kejaksaan Negeri Edrus, Komandan Kodim 0807 Letkol Inf Wildan Bahtiar, anggota DPRD Tulungagung Adib Makarim dan seluruh Pejabat Utama Polres Tulungagung dan Polsek jajaran.

Sebelum acara buka bersama dimulai, kegiatan diisi dengan siraman rohani yang dibawakan oleh KH Soim Al Kasi dari IAIN Tulungagung.

Memasuki adzan magrib, semua memakan tajil yang telah disediakan. Kemudian dilanjutkan dengan sholat magrib berjamaah lalu berbuka puasa.

Uniknya, makanan buka puasa dibuat seragam tanpa piring masupun sendok.

Kemudian di penghujung acara diisi pemberian tali asih kepada seluruh abang becak yang hadir oleh Forpimda dan doa bersama. (dju).

 

Author: 

Related Posts

Leave a Reply