Terus Lakukanlah Meski Sedikit

 Informasi, Pendidikan, Tajuk

Petugas kebersihan saat berada di Jalan Pangeran Antasari

Terus Lakukanlah Meski Sedikit

* Belajar ngaji

Sobat muslim yang dimuliakan Allah SWT,

Dari Aisyah ra : Bahwa pada malam hari Nabi Muhammad SAW membuat pembatas (untuk sholat) dengan tikar lalu shalat di atasnya, dan menghamparkannya di siang hari lalu beliau duduk di atasnya, maka orang-orang kembali kepada Nabi Muhammad SAW unuk mengerjakan shalat sebagaimana beliau shalat, hingga jumlah mereka semakin banyak, maka beliau menghadap (kepada mereka) dan bersabda :

Wahai sekalian manusia, kerjakanlah dari amalan yang kalian sanggupi, karena sesungguhnya Allah tidak akan bosan sampai kalian merasa bisa, dan sesungguhnya amalan yang paling dicintai Allah adalah yang dikerjakan secara berlanjut walaupun sedikit.

Dari hadis diatas mengandung pesan, bagi umat islam dianjurkan untuk beribadah sesuai kemampuan masing-masing. Tidak perlu memberatkan atau menyusahkan diri sendiri.

Misalnya dalam hal sedekah, bukan jumlah nominal besar yang dijadikan tolak ukur diterimanya sebuah amalan. Melainkan keikhlasan dari si pemberi sedekah. Meski sedikit, akan lebih baik jika dilakukan secara berkelanjutan atau terus-menurus.

Dari Abu Hurairah ra : Bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda :

Ketika seseorang laki-laki sedang berjalan, ia menemukan ranting duri di jalan, lalu diambilnya. Maka Allah berterimakasih padanya dan mengampuninya.

Artinya, amalan perbuatan baik tidak hanya sedekah yang berbentuk materi. Melainkan juga perilaku yang baik. Sebagai contoh mengangkat duri atau hal yang bisa menyakiti atau mencelakakan pengguna jalan seperti paku merupakan amalan yang mulia.

Jangan pernah menyepelekan amalan yang menurut kita kecil, karena bisa jadi dengan amalan tersebut dosa-dosa kita akan diampuni oleh Allah AWT. Amin. (dju).

 

Author: 

Related Posts

Leave a Reply