Sehat Dapat Hadiah, Mau ?

 Informasi, Kesehatan

Humas RSUD dr Iskak Mohammad Rifai saat dikonfirmasi awak media

Sehat Dapat Hadiah, Mau ?

Ingandaya — Bagi masyarakat Tulungagung dan sekitar yang berobat ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Iskak kali ini berpeluang untuk mendapatkan hadiah. Namun pemebrian hadiah tersebut bukan tanpa syarat, melainkan hanya diberikan kepada pasien yang mendaftar dengan cara via online (sms).

Selain sebagai bentuk peningkatan kualitas pelayanan prima, pemberian hadiah tersebut juga sebagai apresiasi pihak manajemen RSUD kepada para pasien. “Hadiah ini kusus kami berikan kepada para pasien yang mendaftar melalui sms,” ungkap Direktur RSUD dr Iskak Supriyanto melalui sie kehumasan Mohammad Rifai.

Rifai menuturkan, setiap tahun jumlah pasien yang berobat ke RSUD dr Iskak terus meningkat. Bahkan  pengunjung pasien saat ini mencapai 700 hingga 750 pasien/hari. Jika tidak dicarikan solusi,  pasien-pasien tersebut tidak tertangani dengan optimal. “Pasien datang sejak pagi hingga sore kan kasihan,” katanya.

Dijelaskan, dari hasil tinjauan pos yang perlu dicarikan solusi yakni pada bagian pendaftaran. Sebab selama ini pasien harus mengantre hingga siang hanya untuk mendaftar. Dampaknya, pelayanan kesehatan yang semestinya bisa dilayani sejak pagi harus mundur karena pasien masih tertahan di bagian pendaftaran.

Pria berpostur besar tersebut  melanjutkan, di awal 2017 pihaknya telah berinovasi untuk melakukan pendaftaran pasien melalui jalur sms. Dimana pasien yang akan berobat bisa mendaftar sehari sebelumnya. Disitu, pasien akan diberitahu jam berapa harus datang ke rumah sakit. Jadi tidak perlu mengantre di loket pendaftaran.“Hasilnya bagus, tetapi hanya bisa menyerap 15 persen dari jumlah pasien yang waktu itu rata-rata masih 600 hingga 650 pasien/hari,” jelasnya.

Masih menurut Rifai, pada akhir 2017 pihaknya mencoba merangsang pasien dengan pemberian hadiah kusus bagi pendaftar melalui jalur sms. Hasilnya, ternyata pemberian hadiah tersebut bisa meningkatkan jumlah pasien yang mendaftar melalui jalur online sebesar 30 persen dari 700 hingga 750 pasien/hari. “Kami sangat terbantu jika masyarakat beralih ke pendaftaran online. Target kami adalah 80 persen,” tegasnya.

Rifai menambahkan, saat ini pihaknya masih melakukan riset terkait pendaftaran pasien berbasis aplikasi android. Jadi kedepan, masyarakat bisa mengetahui informasi seputar RSUD dr Iskak dan mendaftar melalui ponsel pintarnya. ”Saya yakin kedepan pelayanan kami akan ramah teknologi,” pungkasnya. (dju). 

 

Author: 

Related Posts

Leave a Reply