Manfaatkan Momen Ramadan Untuk Bertaubat

 Informasi, Pendidikan

Puluhan warga binaan lapas klas IIb saat mengikuti acara pondok romadhon

Manfaatkan Momen Ramadan Untuk Bertaubat

Bulan ramadan dipercaya sebagai bulan penuh keberkahan dan ampunan. Karena di bulan suci tersebut Tuhan akan membuka selebar-lebarnya pintu taubat. Namun untuk menggapainya tidaklah mudah. Karena harus dibuktikan dengan ketaatan, perbuatan yang baik, dan berjanji tidak akan mengulangi kesalahan-kesalahan sebelumnya.

Seperti halnya yang dilakukan warga binaan di lembaga pemasayarakatan (lapas) klas IIb Tulungagung pada Senin (21/5) pagi. Tak ingin melewatkan momentum ramadan, ratusan warga binaan mengikuti kegiatan pondok romadon di masjid Al Muhajirin. Tujuannya, agar Tuhan mengampuni dosa-dosa dan kesalahan yang pernah dilakukan. “Setiap pagi seusai apel, warga binaan ada kegiatan tambahan yakni pondok romadon,” kata Kalapas klas IIb Tulungagung Erry Taruna .

Erry mengatakan, meski mereka berstatus narapidana namun seluruh peserta menyambut baik kegiatan tersebut. Hal tersebut terlihat dari antusiasnya selama mengikuti kegiatan. Bahkan mereka aktif bertanya jika ada hal-hal yang perlu dijelaskan oleh pemateri. “Antusiasnya tinggi, mayoritas mengikuti kegiatan hingga selesai,” katanya. 

Erry melanjutkan, pondok romadon tersebut sebenarnya sudah dimulai sejak awal ramadan. Rencananya akan dilaksanakan selama 20. Adapun pengisi kegiatan diambilakan dari Kementrian Agama (Kemenag), mubaligh, dan dosen agama islam dari beberapa perguruan tingggi di Tulungagung.  Tujuannya, agar warga binaan bisa mengambil hikmah bulan suci ramadan dan kedepannya menjadi pribadi yang lebih baik. “Kita siapkan mentalnya sebelum kembali ke keluarga dan masayarakat,” terangnya.

Erry menambahkan, dengan adanya kegiatan ini pihaknya berharap setiap warga binaan bisa merenungi setiap perbuatan yang pernah dilakukan. Selain itu, mereka bisa berkomitmen agar jangan pernah kembali ke lapas dengan menyandang status warga binaan.

Sementara itu Iip Musonik (37) salah satu warga binaan mengaku sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini. Menurutnya pondok romadon ini bisa menambah wawasan dan menjadi lebih mengetahui permasalahan seputar agama.

“Saya merasa lebih dekat dengan Tuhan mas,” katanya.

Warga binaan yang mendapat hukuman 3 tahun atas kasus pencurian tersebut melanjutkan, dengan mengikuti kegiatan seperti ini dirinya berharap bisa menghapus dosa-dosa dan kesalahan masa lalu.

 “Yang saya sukai dari kegiatan ini karena bisa langsung Tanya jawab, jadi bisa langsung ke pokok permasalahan,” tukasnya. (dju).

 

Author: 

Related Posts

Leave a Reply