Kick Off Dimulai

 Informasi, Pendidikan

KH Nur Hasyim saat menyampaikan pengumuman kepada jamaah Masjid Besat Baitutrohman

Kick Off Dimulai

Ingandaya — Peluit tanda masuknya bulan suci ramadan telah ditiup. Umat muslim diseluruh penjuru dunia akan mengikuti perlombaan dalam beribadah. Gelar orang-orang yang bertakwa pun telah disiapkan bagi siapa saja yang berhasil memenangi laga.

Nah, bagaimanakah cara kita setidaknya bisa mencapai babak final dalam perlombaan tersebut ?

Pertama, menjaga puasa agar pahalanya tetap utuh. Dalam hal ini ada dua cara yang harus dilakukan diantaranya melaksanakan sunah-sunah puasa dan menjauhi hal-hal yang bisa mengurangi pahala.

Sunah-sunah puasa tersebut misalnya, mengakhirkan sahur, menyegerakan berbuka, sholat tarawih, tadarus, iktikaf dan sebagainya. Kemudian hal-hal yang bisa mengurangi pahala dan hikmah puasa seperti marah, berbohong, menggunjing dan kemaksiatan yang lain.

Kedua, hiasilah puasa dengan amaliyah Ramadan. Perlu diketahui bahwa ibadah dalam bulan Ramadan bukan hanya puasa saja. Melainkan banyak ragam ibadah yang juga disyariatkan dalam bulan penuh berkah ini.

Contoh yang sederhana, bersilaturahmilah kepada teman dan keluarga meski hanya sekedar melalui telepon. Tanyakan bagaimana kabar dan kondisi terakhir mereka.

Atau bisa juga ikut meramaikan masjid, seperti membantu menyiapkan pelaksanaan buka bersama, sholat tarawih, menyiapkan air untuk berwudhlu dan sebagainya. Tentunya masih banyak lagi hal bijak yang bisa dilakukan.

Ketiga, menjaga keistiqomahan ibadah hingga akhir Ramadan dan mengaplikasikannya di sebelas bulan kedepan. Poin ketiga inilah yang bisa dikatakan berat. Karena biasanya dengan alas an berbagai kesibukan satu persatu rutinitas yang sudah terbangun sedikit-demi sedikit akan runtuh. MIsalnya, ketika memasuki awal-awal bulan Ramadan masjid atau mushola pasti dipenuhi oleh para jamaah. Namun ketika memasuki 10 hari kedua atau 10 hari ketiga jumlah jamaah pasti berkurang.

Mari, jadikan bulan Ramadan kali ini sebagai tempat penggemblengan kita untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Lakukanlah dengan senang dan ikhlas. Niscaya kita semua akan mendapatkan hikmahnya.

Yakinlah, apapun kebaikan yang kita lakukan akan menggurgurkan dosa-dosa kita yang terdahulu, sebagaimana disebutkan dalam banyak riwayat seputar keutamaan ibadah puasa Ramadhan. (dju).

 

Author: 

Related Posts

Leave a Reply